Rabu, 16 April 2014

Tahapan-tahapan dalam auditing :


Nama  : Hardi
NIM    : F01110023
M.K    : Audting

Tahapan-tahapan dalam auditing :
Auditing pada suatu perusahaan yang bergerak di bidang industry makanan ringan “mengaudit kegiatan operasional bidang pemasaran”.
I.     Tahap Pemeriksaan
1.      Melakukan pembicaraan dengan pimpinan bidang pemasaran tentang informasi umum tentang bidang pemasaran di dalam perusahaan tersebut.
-         memberikan penjelasan tentang audit manajemen perusahaan “ yaitu investigasi dari suatu organisasi dalam semua aspek kegiatan manajemen dari yang paling tinggi sampai dengan ke bawah dan pembuatan laporan audit mengenai efektifitasnya atau dari segi profitabilitas dan efisiensi kegiatan bisnisnya.
-         menyanpaikan tujuan dari audit manajamen itu sendiri yaitu : Untuk mengenal dan memahami berbagai aspek pengelolaan dalamkegiatan kegiatan operasional Bagian Pemasaran dan menilai tingkatefektifitas dan efisiensinya.
-         memberikan penjelasan tentang manfaat audit manajemen bagian pemasaran :
1. memberikan suatu evaluasi yang independen dan tidak bias terhadap program-program  pemasaran, termasuk strategi, penawaran, dan kreatifitas suatu perusahaan.
2. dapat mengidentifikasi area-area yang dibutuhkan dalam menigkatkan dan menghasilkan saran-saran dan ide-ide yang spesifik serta bagaimana memperbaikinya.
3. identifikasi tersebut termasuk beberapa cara (several ways) untuk memperbaiki respons pemasaran.
4. memberikan sebuah perusahaan ide-ide baru yang segar, teknik-teknik dan new direction pada masa mendatang.
5.  membantu perusahaan secara periodik dalam menganalisis upaya pemasaran, mengcreate serta merevisi pendekatan pemasaran untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
-         menjelaskan tentang tahapan-tahapan yang akan dilakukan : Pada dasarnya pelaksanaan audit pemasaran bisa mengikuti tahapan audit secara umum, yaitu:
a.       Audit pendahuluan
b.       Review dan pengujian atas pengendalian manajemen perusahaan
c.       Audit lanjutan
d.      Pelaporan

2.      mengumpulkan informasi umum yang telah didapatkan dari pembicaraan dengan pimpinan bagian pemasaran.
-         menyusun program hasil pemeriksaan pendahuluan sehingga mudah untuk memulai kegiatan pemeriksaan
-         diperlukan informasi tentang  latar belakang objek pemeriksaan yaitu bagian pemasaran
-         menganalisis bagian-bagian penting yang berada dalam bidang pemasaran antara lain : audit Proses Manajemen Pemasaran, Menentukan Konsumen Sasaran,  Mengenbangkan Bauran Pemasaran, Audit Lingkungan Pemasaran, Audit Strategi Pemasaran, Audit Sistem Pemasaran, Audit Organisasi Pemasaran, Audit Fungsi Pemasaran, Fungsi Distribusi, Keputusan Mengenai Bentuk Saluran Pemasaran, Mengembangkan Komunikasi Efektif.
-         Kebijakan umum dan peraturan yang berlaku dalam perusahaan
-         Sejarah singkat, latar belakang, maksud & tujuan objek pemeriksaan yang akan kita lakukan
-         Data organisasi, meliputi: (1) pembagian tugas dan tanggung jawab, (2) pelimpahan wewenang, (3) sifat, besar, dan lokasi objek, (4) jumlah  karyawan
-         Data keuangan
-         Metode pelaksanaan dan prosedur standar (SOP)
-         Masalah-masalah yang dihadapi dibagian pemasaran (hasil wawancara dengan pimpinan)

3.      menyusun ikhtisar hasil persiapan pemeriksaan
-         Seluruh informasi yang diperoleh dalam persiapan pemeriksaan dituangkan dalam suatu ikhtisar yang memuat pokok-pokok informasi yang diperoleh
-          Ikhtisar ini bermanfaat untuk memudahkan penyusunan program pemeriksaan pendahuluan
II.     Pemeriksaan Pendahuluan
1.      Melakukan penelaahan ketentuan yang berlaku :
a.       Sejarah dan latar belakang
b.      Tujuan yang hendak dicapai
c.       Wewenang dan otorisasi yang dilimpahkan pada bidang pemasaran
d.      Tanggung jawab yang dibebankan
e.       Pembatasan-pembatasan yang berlaku
f.        Ketentuan mengenai pembiayaan
g.       Persyaratan lain yang penting
h.       Wewenang yang tidak dilaksanakan karena berpotensi merugikan perusahaan
i.         Ketaatan pimpinan objek pemeriksaan terhadap ketentuan yang ada
j.        Rencana pembiayaan dari objek yang diperiksa
k.      Kewenangan umum
l.         Kesesuaian ketentuan yang berlaku terhadap ketentuan yang lebih tinggi
2.      Pengujian pengendalian manajemen
-         menelaah pedoman kerja dan kemudian menguji pelaksanaannya
-         mengamati langsung, dengan menelusuri dari awal sampai akhir suatu proses yang diamati di bagian pemasaran
3.      Penyusunan Ikhtisar Temuan Hasil  Pemeriksaan Pendahuluan
-         membuat uraian mengenai perlunya diadakan pemeriksaan pendahuluan
-         menelaah temuan-temuan dan kesimpulan sementara
-         membuat rekomendasi sementara
-         melakukan perbaikan yang telah dilakukan oleh objek pemeriksaan dan masalah yang belum/tidak dapat diselesaikan
-         menyiapkan hal-hal yang perlu mendapat perhatian dari pihak eksternal yang berkepentingan
-         Saran auditor terhadap penanggung jawab pemeriksaan mengenai rencana  pelaksanaan pemeriksaan lanjutan



III.      Pemeriksaan Lanjutan
1.      Menelaah Kebijakan yang Telah Ditetapkan
-         Apakah kebijakan telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku
-         Apakah kebijakan telah ditetapkan tersebut dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, dan ekonomis
-         Apakah terdapat penyimpangan yang berjalan terus-menerus dan dengan alasan yang kuat
2.      Mengembangkan Temuan
Persyaratan temuan yang dapat diteruskan:
-         Cukup berguna/bermanfaat
-         Berdasarkan fakta dan bukti yang relevan dan kompeten
-         Dikembangkan secara objektif
-         Didasarkan pada hasil pemeriksaan yang memadai
-         Meyakinkan
3.      Saran/Rekomendasi
-         Memberikan saran yang terbaik dan berbagai alternatif untuk mengambil tindakan korektif
-         Memberikan Saran yang mempertimbangkan aspek cost-benefit dalam
penerapannya
4.      Melakukan Pembahasan hasil pemeriksaan lanjutan dengan supervisor dan penanggung jawab

5.      Melakukan Pembahasan hasil pemeriksaan lanjutan dengan objek yang diperiksa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar